Notifikasi
Baca Situs Meabisnis.com Untuk Mendapatkan Informasi Bisnis Terbaru

Berapa Modal Franchise Indomaret? Syarat, Prosedur, Harga, Fee, BEP dll

Modal Franchise Indomaret

Franchise Indomaret

Berapa Modal Franchise Indomaret? Syarat, Prosedur, Harga, Fee, BEP dll

Franchise Indomaret tentu sudah tidak asing lagi bagi kita bukan? Siapa sih yang tidak kenal dengan Indomaret? Kita bisa menjumpai gerai Indomaret ini hampir di semua kota di Indonesia.

Jika kita bepergian ke suatu daerah, biasanya pada malam hari di perjalanan, gerai ini tetap beroperasi untuk melayani pelanggan.

Selain itu, untuk gerai yang berada di pusat kota atau di sentral perekonomian di suatu daerah juga biasanya menjadi pilihan berbelanja, selain karena tokonya lebih nyaman, bersih, juga melayani pelanggan dengan yang baik.

Siapa sangka ternyata kita juga bisa punya toko Indomaret sendiri lho. Kita bisa bergabung menjadi mitra Indomaret tanpa harus repot-repot memikirkan suplai barang, arus keuangan, manajemen, rak-rak barang, peralatan elektronik kasih, dll.

Memang, kita bisa mendirikan minimarket sendiri sesuai dengan desain dan rancangan kita sendiri. Namun tentu saja jika kita mendirikan minimarket kita harus memikirkan semuanya dari nol. Mulai dari bangunan, karyawan, mesin kasir, aplikasi integrasi barang, rak-rak, suplai barang hingga ke manajemen, dari A sampai Z.

Franchise Indomaret

Bisnis Minimarket Indomaret yang Menggurita

Indomaret ini menawarkan kepada siapa saja yang ingin bergabung menjadi mitra mereka dengan sistem franchise.

Sistem Franchise indomaret ini terbukti menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk siapa saja, tidak heran kenapa banyak orang mau membeli bisnis waralaba minimarket ini.

Untuk tokonya sendiri mini market yang identik dengan warna biru ini sebenarnya tidak membutuhkan ukuran yang besar, ruko 2 atau 3 pintu sudah bisa dijajaki untuk kerjasama.

Namun karena sudah menyebar ke seluruh penjuru negeri, di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai ke Papua sana kita bisa menjumpai si ‘biru’ yang ‘lucu’ ini.

Kenapa masyarakat banyak yang berbelanja di minimarket ini? Selain karena alasan yang sudah disebutkan di atas juga karena produk yang dijual bisa dibilang sangat lengkap dan memenuhi kebutuhan harian kita, jajanan, sabun, pasta gigi, alat kue dan lain sebagainya.

Selain sebagai ritel berbagai keperluan harian, Indomaret juga melayani berbagai transaksi pembayara online seperti pembelian tiket, tagihan listrik dan air, hingga pembayaran layanan online lainnya.

#Perjalanan Ritel Indomaret

Berikut ini perjalanan Indomaret hingga bisa menjadi raksasa mini market di Indonesia:

1. Awal Mula Didirikannya Bisnis Indomaret

Memang, kebanyakan kita melihat bisnis itu ketika suksesnya saja, ketika mereka sudah sangat besar dan sangat terkenal. Padahal setiap bisnis itu dimulai dari NOL.

Setiap bisnis memiliki perjalanan dan ceritanya masing-masing, kita harus melihat bisnis itu dari segala sisi jika kita ingin sukses seperti bisnis mereka.

Sama seperti Indomaret ini, mini market ini pada awalnya juga merupakan toko biasa. Pada mulanya, toko Indomaret ini menjual aneka keperluan khusus untuk karyawan.

Mini market Indomaret sendiri berdiri sejak tahun 1988. Karena inovasi dan dapat mengikuti perkembangan zaman, maka masyarakat lebih mengutamakan kualitas dan kenyamanan saat berbelanja, Indomaret mulai membuat jaringan bisnis minimarket.

Setelah sekitar sembilan tahun berdiri, barulah ritel ini mengembangkan sayap bisnisnya menggunakan sistem franchise. Sehingga bisnis ini bisa dinikmati oleh banyak orang.

Selain Indomaret terus bertumbuh, masyarakat yang membeli franchise Indomaret juga memiliki pemasukan tambahan dari laba mini market mereka.

Tidak tanggung-tanggung, hingga kini tidak kurang dari 17.681 gerai Indomaret per Januari 2020. Dari 17ribuan gerai tersebut, setidaknya 32% diantaranya adalah milik perseorangan atau franchise. Jadi, hanya sekitar 62% saja dari gerai Indomaret yang merupakan miliki PT. Indomarco Prismatama.

Bagaimana? Anda berminat bergabung?

2. Kepemilikan Indomaret Hingga Saat Ini

Jika anda memiliki toko kelontong, tentu anda tidak asing lagi dengan Indomarco bukan, karena ternyata sales Indomarco ini juga ngampas atau mendatangi toko-toko kelontong atau P&D sampai ke desa-desa.

Nah Indomaret ini sendiri dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, dimana perusahaan ini sendiri merupakan anak perusahaan PT. Indoritel Makmur International Tbk.

Pemilik Indomaret sendiri bernama Sudono Salim, yang mana adalah pendiri dari Salim Group. Salim Group inilah yang menjadi inti dari beragam perusahaan raksasa di Indonesia, tak terkecuali PT. Indoritel Makmur International Tbk.

Kini, bisnis waralaba Indomaret sudah dipindah tangankan ke anak Sudono Salim yaitu Anthoni Salim. Anthoni salim-lah saat ini yang menjadi pemiliki bisnis waralaba Indomaret ini. Anthoni Salim sendiri pada 2017 dinobatkan sebagai orang terkaya ke-4 di Indonesia oleh majalah Forbes.

3. Waralaba Indomaret

Brand Indomaret sendiri sudah sangat terkenal di masyarakat sehingga anda tidak perlu ragu lagi jika ingin bergabung menjadi franchisee Indomaret.

Setiap kita bisa bekerjasama dengan Indomaret untuk menjadi frenchisee mereka. Karena mereka mensyaratkan untuk bergabung harus merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI. Selanjutknya kamu harus menyiapkan dana, toko, NPWP dll.

4. Support dari Manajemen Franchise Indomaret

Setelah kita bergabung menjadi mitra Indomaret, tenang kita tidak akan dilepas begitu saja, karena manajemen Indomaret akan memberikan support dan dukungan kepada setiap mitra mereka.

Mereka tentu ingin mitranya memiliki untung yang besar karena jika mitra mereka memiliki untung yang besar akan berbanding lurus dengan keuntungan mereka nantinya.

Anda akan mendapatkan support agar mini market yang anda kelola bisa berjalan dengan lebih baik dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Beberapa bantuan yang akan didapatkan ketika menjadi mitra Indomaret diantaranya:

  • Bantuan untuk menentukan lokasi strategis – Bantuan ini sangat penting karena akan berdampak langsung terhadap sales nantinya.
  • Bantuan pengalokasian biaya. Tujuannya supaya mitra mereka menggunakan dana dengan seefektif mungkin untuk mengembangkan bisnis mini market Indomaret.
  • Bantuan merekrut karyawan yang akan bekerja di gerai Indomaret Anda hingga proses training akan dibantu oleh franchisor.
  • Pihak Indomaret juga akan membantu Anda dalam melakukan proses promosi produk dalam gerai Anda.
  • Pengarahan dalam pengaturan sistem operasional, penjagaan stok produk, penataan ruangan
  • Manajemen keuangan seperti proses penggajian karyawan juga akan diberikan.

Itulah beberapa keunggulan menjadi franchisee Indomaret, karena kita tidak memikirkan semuanya dari NOL. Kita akan mendapatkan dukungan dari orang-orang yang sudah berpengalaman.

5. Keuntungan Belanja di Indomaret dengan Indomaret Card

Beberapa kelebihan berbelanja di Indomaret diantaranya rasa nyaman, Indomaret memiliki produk yang beragam, pelayanan yang sopan dan yang tidak kalah penting juga adalah ketika kita berbelanja menggunakan kartu Indomaret atau Indomaret card.

Kartu Indomaret sendiri merupakan kartu yang berisi uang digital dari Indomaret yang bekerjasama dengan Bank Mandiri.

Dengan kartu ini anda akan mendapatkan penawaran berupa diskon, cashback, hingga pemberian produk gratis bisa Anda dapatkan dengan memiliki kartu Indomaret.

Untuk mendapatkan Indomaret card sendiri, anda cukup menyiapkan KTP dan juga dana 75 ribu Rupiah, dimana 50ribu akan masuk ke saldo dan 25 untuk biaya pembuatan kartu.

Selain beberapa penawaran dari Indomaret tersebut, dengan memiliki kartu ini kamu juga bisa menggunakannya untuk pembayaran transportasi dan fasilitas umum di beberapa kota besar di Indonesia. Kartu ini bisa digunakan untuk membayar ongkos bus transjakarta, trans Jogja, dan Batik Solo Trans dll

Anda juga bisa membayar tol, KRL, ataupun fasilitas secure parking, pakai kartu Indomaret. Tapi harus ada saldonya tentunya 😀

Berapa Modal Membuat Gerai Indomaret?

Berapa modal franchise Indomaret?

Tentu ini menjadi pertimbangan utama manakala kita ingin membeli bisnis waralaba ini bukan? Budget menjadi salah satu pertimbangan sebelum kita memulai usaha apapun. Beda kalau sultan, sultan tidak perlu mempertimbangkan berapa besar modal yang dibutuhkan, karena tinggal sebut saja uang sudah bisa keluar.

Dalam sebuah acara, Franchise Manager Indomaret, Ramdani mengungkapkan, untuk mendirikan franchise Indomaret kita harus menyediakan dana investasi setidaknya Rp 500 juta.

Apa saja yang kita dapatkan?

Dari uang Rp 500juta tersebut kita akan mendapatkan peralatan elektronik dan nonelektronik, promosi persiapan pembukaan toko, franchise fee untuk tahun renovasi bangunan dan tambahan biaya listrik, namun biaya ini diluar bangunan.

Jika anda belum memiliki bangunan, maka untuk mendirikan satu mini market baru butuh dana sekitar 800 sampai 1 milyar. Tergantung harga ruko di daerah masing-masing.

Untuk ukuran standar gerai mendirikan Indomaret sekitar 250 – 300 meter persegi (m2).

Kapan BEP atau Balik Modal?

Untuk balik modal masih menurut Ramdani, butuh waktu maksimal 43 bulan atau 30 bulan (sudah balik modal). Jadi setelah itu profit saja.

Untuk waktu kerjasama franchise ini adalah 60 bulan dan bisa diperbaharui, atau kita lanjutkan dengan brand kita sendiri.

Dengan produk sebanyak 4.000 jenis produktelah disediakan oleh perusahaan untuk disuplai ke gerai anda.

Fasilitas Indomaret yaitu franchise fee sebesar Rp 36 juta untuk 5 tahun, instalasi listrik, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan pole sign serta promosi dan persiapan pembukaan gerai. Profit setelah 3,5 tahun. Untuk gaji karyawan akan ditanggung oleh mitra.

Syarat dan Tahapan Membeli Franchise Indomaret

Bagaimana prosedur membeli franchise Indomaret? Apa saja yang harus kita siapkan? Apa saja tahapannya?

Syarat Membeli Franchise Indomaret

Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi agar bisa membeli waralaba Indomaret:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
  • Memiliki kelengkapan perijinan usaha toko : IMB/IPB ruang usaha/Ruko/Kios, UUG/HO, SIUP, TDP, NPWP, PKP, dll
  • Menyediakan dana investasi dengan nilai estimasi Rp 394 juta – Rp 500 juta
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan focus pada sistem Waralaba Indomaret

Cara Bergabung

Cara Buka Franchise Indomaret Baru dan Take Over

Registrasi

Lakukan registrasi pada link berikut: https://indomaret.co.id/home/index/form-penawaran-sewa-lokasi

Formulir Penawaran Lokasi

Formulir Pendaftaran Waralaba Indomaret Online

Tahapan Kerjasama

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, selanjutnya anda harus mengikuti tahapan sebelum menjadi mitra, adapun tahapan kerjasama dengan Indomaret adalah:

1. Presentasi Pertama

Setelah kita mendaftarkan diri dan di aprove, maka langkah selanjutnya kita harus presentasi. Agar proses lebih sederhana dan cepat, sebaiknya kita sudah memiliki usulan lokasi serta membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi.

Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

2. Presentasi Kedua

Setelah proses presentasi pertama selesai, maka pada presentasi yang kedua ini akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, mulai dari pengurusan perijinan, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

3. Pembukaan Toko

Nah, pada tahap ini berarti toko anda sudah siap untuk beroperasi jika semua item kesepakatan direalisasikan. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Biaya Royalti Indomaret

Berikut ini besaran royalti yang akan dikenakan oleh Indomarco untuk terwaralaba:

Penjualan Bersih (Rp) Royalti 0 – 175.000.000 0% 175.000.000 – 200.000.000 2% 200.000.000 – 225.000.000 3% > 225.000.000 4%

Official Indomarco

PT Indomarco Prismatama (Indomaret)

Kantor Pusat: Jl. Terusan Angkasa B2, Kav-1. Gunung Sahari, Kemayoran. Jakarta 10610

Telp. (021) 29559100

Web: http://www.indomaret.co.id

Email : andreong@indomaret.co.id

***

Bagaimana, Anda tertarik untuk membeli franchise Indomaret? Tunggu apalagi, segera siapkan lokasi dan data-data yang dibutuhkan. Jangan sampai ke duluan yang lain ya apalagi kalau anda punya lokasi yang strategis.

Baca juga:

  • Harga Franchise Kopi Kulo Group
  • Modal Lisensi Waralaba Kopi Janji Jiwa

Tags: Biaya Waralaba IndomaretCara Daftar Franchise IndomaretFranchise IndomaretHarga Franchise IndomaretHarga Lisensi Franchise IndomaretMitra Franchise IndomaretModal Mendirikan Waralaba IndomaretProsedur Buka Franchise IndomaretWaralaba Indomaret