Notifikasi
Baca Situs Meabisnis.com Untuk Mendapatkan Informasi Bisnis Terbaru

Berapa Penghasilan dari Youtube? Sampai Milyaran! Bagaimana Caranya?

Penghasilan Dari Youtube

Penghasilan Dari Youtube
Penghasilan Dari Youtube

Berapa Penghasilan dari Youtube? Sampai Milyaran! Bagaimana Caranya?

Penghasilan Dari Youtube – Banyak sekali kisah sukses youtuber terkenal yang hidup bergelimang harta dengan sederet kemewahan yang mereka ekspose. Dengan konten youtube kini orang bisa mendapatkan penghasilan fantastis.

Hal ini tentu saja berpengaruh pada masyarakat dunia. Banyak yang mulai tertarik menjadi seorang youtuber. Banyak yang berpendapat bahwa menjadi youtuber dianggap profesi yang paling menguntungkan dan menjanjikan saat ini.

Sebagai masyarakat terus berlomba menghasilkan video – video menarik untuk mendapatkan subscriber atau viewer.

Buat akun youtube yang sudah memiliki pengikut hingga jutaan akan mendapatkan penghasilan dari youtube yang nilainya bisa mencapai puluhan hingga milyaran rupiah. Aplikasi youtube akan mengarahkan orang untuk membuat konten video – video menarik.

Tujuan pembuatan video bisa untuk kepentingan informasi atau sekedar membuatnya menjadi tranding dan mendapatkan uang dari iklan youtube. Memang terdengar mudah, namun untuk mendapatkan penghasilan dari youtube bukanlah hal yang mudah.

Pertama kita harus membuat membuat konten video menarik dan informative, kemudian mulai upload video dan lakukan promosi untuk mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.

Untuk mendapatkan banyak jam tayang sebaiknya upload video 5- 10 video. video youtube memiliki cukup banyak kategori, mulai dari tutorial traveling, tutorial memasak, tutorial make up, serta beberapa tips menarik dan masih banyak lagi.

Langkah awal sebagai youtuber telah dimulai, kemudian anda akan mulai bergabung dengan google Adsense. Dari sinilah para youtuber akan mulai mendapat penghasilan. Untuk jumlahnya tergantung dari viewer serta jumlah klik iklan pada video.

Memang cukup sulit untuk mendapatkan penghasilan dari youtube. Maka bagi pemula sebaiknya muai dengan memperkuat SEO, serta melakukan optimalisasi promosi melalui social media agar bisa viral atau trending, dan masih banyak cara lain.

Syarat Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

Sebelum kita melihat dan mempelajari dengan jelas berapa penghasilan dari youtube, maka kita perlu mengetahui terlebih dulu apa saja syarat yang wajib dipenuhi seorang youtuber agar bisa mendapatkan penghasilan, berikut penjelasannya :

  • Mengikuti semua kebijakan youtube, seperti konten bebas plagiat, tidak boleh berbau pornografi dan kekerasan, serta tidak melanggar hak cipta
  • Berdomisili di Negara atau wilayah yang masuk dalam program youtube partner
  • Mencapai 4.000 jam tayang
  • Jumlah subscriber minimal 1.000 subscriber
  • Sudah terhubung dengan Google Adsense

Cara Mengaktifkan Google Adsense

  • Klik ikon youtube di pojok kanan atas untuk masuk ke menu “Creator Studi””
  • Kemudian klik “Channel” selanjutnya pilih opsi “status and features”
  • Selanjutnya klik “Enable” di opsi “Monetization” selanjutnya bisa dilanjutkan dengan mengikuti instruksinya hingga google adsense aktif.
  • Selamat mencoba

Seberapa Besar Penghasilan dari Youtube Sebenarnya?

Untuk pasar Amerika biasanya penghasilan youtuber bisa mencapai 1 USD per 1000 viewer, namun angka tersebut bukanlah bilangan yang pasti, sebab semua masih tergantung seberapa banyak klik pada iklan.

Kategori selanjutnya jenis konten memegang peran penting dalam menentukan besaran harga per klik. Biasanya topic mengenai kamera, smartphone, dan lainnya dibayar cukup mahal karena berpotensi iklannya banyak.

RPM atau Revenue Per Impression menjadi indikator untuk menghitung pendapatan youtube. RPM merupakan keuntungan yang bisa didapatkan dari 1000 penayangan iklan dari video anda.

Tidak seperti Negara – Negara maju seperti Amerika dan Negara lainnya, Indonesia sendiri memiliki RPM yang cukup rendah. Bahkan perbandingannya bisa sangat tinggi, untuk bayaran per 1000 views-nya bisa mencapai 1-7 USD untuk Amerika.

Kemudian berapa besaran untuk Indonesia?. untuk kalkulasinya sekitar 7.000 rupiah per 1000 tayangan iklan. Selanjutnya kita akan menghitung dalam jumlah yang lebih besar lagi.

Misalnya kita mendapatkan 1 juta views iklan, maka penghasilan dari youtube sekitar 550 USD atau setara dengan 7 jutaan. Angka tersebut merupakan penghitungan kasar yang lebih mendekati.

Dalam kenyataannya, harga RPM untuk tiap youtube channel itu berbeda – beda, itu merupakan gambaran umum, ada yang harganya lebih tinggi atau lebih rendah. Harga RPM tergantung dari jenis iklan yang tayang pada setiap video youtube milik anda.

Beberapa hal yang mempengaruhi harga RPM, diantaranya :

  • Jenis konten video
  • Negara asal pemilik akun
  • Relevansi iklan
  • Harga iklan yang tayang
  • Durasi iklan tayang pada setiap video

Jumlah Views Banyak, namun Penghasilan Youtube Kecil

Berbagai kategori menentukan harga RPM menyimpulkan bahwa meski jumlah viewer sama, namun penghasilan tiap channel berbeda – beda.

Meski begitu untuk kisaran harga kasar atau perkiraan umum RPM senilai 7.000 rupiah per 1000 tayang iklan. Lalu banyak yang masih bingung kenapa jumlah views banyak, namun penghasilan dari youtube belum juga bertambah.

Rendahnya penghasilan kemungkinan besar bisa disebabkan jumlah penayangan iklan di video youtube anda rendah. Sebagai contoh, youtube sendiri akan menghitung berapa banyak penayangan iklan dalam video, bukan menghitung berdasaran besar RPM saja.

Jika dari 1.000.000 viewer anda bisa menghasilkan 500.000 penayangan iklan, maka RPM 7.000 rupiah dikalikan dengan jumlah penayangan iklan akan mendapatkan penghasilan dari youtube sebesar Rp. 3.500.000.

Besaran itu bukan honor bersih yang akan anda terima, karena youtube menerapkan sistem bagi hasil 45 % untuk youtuber. Jadi Rp. 3.500.000 X 45 %, menghasilkan penghasilan bersih sebesar Rp. 1.925.000 dari total 1.000.000 views.

Maka dari itu untuk jumlah viewer 1.000.000 bisa menghasilkan honor yang berbeda – beda tergantung jumlah penayangan iklan. Kemudian ada juga potensi lain yang mempengaruhi penghasilan dari youtube yakni pengguna browser yang memakai aplikasi pemblokiran iklan.

Adsense Bukan Satu-satunya Pendapatan Youtuber

Google adsense akan membantu yotuber menghasilkan honor yang lumayan, besar, namun ketahuilah penghasilan ini bukan sumber utama para youtuber.

Salah seorang youtuber dunia pernah mengatakan bahwa google adsense hanya membantunya mendapatkan penghasilan sebesar 3 % saja. ada sumber lain yang lebih besar, yakni mayoritas penghasilan perbulan justru berasal dari affiliate marketing atau brand deals serta endorse.

Namun tidak semua youtuber bisa disentuh oleh brand deals serta endorse. Ada kategori tersendiri yang perlu dipenuhi, salah satunya adalah mereka yang memiliki subscriber atau viewer tinggi.

Selain itu biasanya publik figure yang bisa membantu membangun citra positif pada produk yang akan diiklankan.

Program seperti ini bukan berasal dari periklanan googles, dan merupakan penghasilan tambahan, jadi untuk kisaran harga yang diperoleh tentu tidak bisa sama. Untuk produk yang harganya lebih mahal tentu bayarannya juga lebih tinggi

Hal – hal yang Wajib Diperhatikan Youtuber

Bagi seorang publik figure atau mereka yang sudah memiliki ketenaran meski bukan seorang youtuber, tentu saja akan lebih mudah jalannya untuk mendapatkan ketenaran di youtube, namun tentu saja hal ini tidak berlaku bagi mereka yang modal dengkul alias mulai dari nol.

Tentu saja membangun channel menjadi hal yang benar – benar harus dilakukan dengan mengerahkan segala upaya dan perjuangan.

Meski anda perlu membangun youtube channel milik anda, tidak serta merta bisa dilakukan dengan segala cara. Ada etika dan kesopanan yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa hal wajib yang perlu diperhatikan youtuber, diantaranya :

1. Perbanyak Konten

Perbanyak konten agar selalu update. Untuk upload konten, pihak youtube tidak memberikan batasan, selagi anda mampu dan bisa silahkan perbanyak konten anda. sebaiknya lakukan secara berkala, contohnya per 2 hari, atau per 4 hari.

2. Gunakan Teknik SEO

Untuk memudahkan penonton menemukan video anda, sebaiknya kembangkan teknik SEO organic dengan memanfaatkan keyword yang tentunya harus disesuaikan dengan video anda

3. Konten Bermanfaat

Pastikan seluruh konten yang anda upload memiliki manfaat yang baik, sebab anda turut bertanggung jawab dengan seluruh konten yang anda buat dalam youtube channel anda.

4. Judul Sesuai Isi

Gunakan judul yang sesuai dengan isi konten. Hindari pula meniru judul video orang lain. Satu hal yang perlu anda ketahui dan selalu diingat bahwa algoritma google itu kejam dan canggih.

5. Subscriber Organik

Untuk menjadi seorang youtuber yang sukses memang kita sangat membutuhkan subscriber, namun jangan pernah sekali – kali tergoda untuk membeli subscriber, karena subscriber bayaran tidak akan membantu konten anda berkembang dengan baik.

6. Hindari Plagiat

Hindari hal yang bisa membahayakan akun anda, salah satunya adalah mencuri video atau audio yang memiliki hak cipta. Hal ini juga bisa membuat sang pemilik mengklaim channel kita.

7. Promosi

Lakukan promosi di seluruh social media yang anda miliki, seperti instagram, facebook, twitter, hingga grup WA

8. Jangan Klik Iklan Sendiri

Hindari juga mengklik iklan sendiri di channel anda, sebab youtube memiliki sistem canggih yang mampu mendeteksi klik yang tidak wajar.

9. Ikuti Jejak Youtuber Sukses

Seorang youtuber berpenghasilan tinggi di berbagai belahan dunia, bisa menjadi contoh bagi kita yang ingin mengikuti jejak mereka.

10. Kerja Keras

Meski terlihat sangat mudah, namun ingatlah semua keberhasilan didapatkan dari usaha dan kerja keras. Tidak semua yang kita lihat indah di akhir, memiliki perjalanan yang mudah.

Penghasilan Youtuber Terkenal Indonesia

Ilustrasi Youtuber Sukses: GEN Halilintar

Berikut ini beberapa estimasi penghasilan youtuber ternama Indonesia yang didasarkan dari Social Blade:

  • Deddy Corbuzier; sekitar Rp 280 juta hingga Rp 4,2 miliar per bulannya.
  • Atta Halilintar; sekitar Rp 400 juta hingga Rp 7 miliar per bulannya.
  • Dalang Pelo; sekitar Rp 50 juta hingga Rp 800 juta per bulannya.
  • Jurnalrisa; sekitar Rp 56 juta hingga Rp 1 miliar per bulannya.
  • Denny Caknan; sekitar Rp 140 juta hingga Rp 2,1 miliar per bulannya.
  • Vincent Raditya; sekitar Rp 25 juta hingga Rp 420 juta per bulannya.
  • Motomobi; sekitar Rp 7 juta hingga Rp 100 juta per bulannya.
  • Jess No Limit; sekitar Rp 336 juta hingga Rp 5,6 miliar per bulannya.
  • Jessica Jane; sekitar RP 220 juta hingga 3,6 miliar per bulannya.

Penghasilan yang tertera di atas merupakan estimasi atau perkiraan pendapatan mereka perbulan, bukan angka pasti, bisa jadi lebih bisa jadi kurang, namun kebanyakan youtuber mengklaim kalau penghasilan yang ditampilkan di Social Blade lebih akurat ke jumlah yang lebih kecil.

***

Maka jika kita ingin meraih kesuksesan yang sama. Maka lakukan dengan sepenuh hati dan terus bangkit saat mengalami keterpurukan. Ingat tidak ada usaha yang menghianati hasil. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: Usaha Online yang Menguntungkan Modal Kecil

Tags: Berapa Penghasilan Dari YoutubeCara Melihat Penghasilan Dari YoutubeCara Mendapatkan Penghasilan Dari YoutubeCara Menghitung Penghasilan Dari YoutubeJumlah Penghasilan Dari YoutubePenghasilan Dari Youtube