Notifikasi
Baca Situs Meabisnis.com Untuk Mendapatkan Informasi Bisnis Terbaru

√ Panduan Lengkap Cara Jualan di Tokopedia Biar Tokomu Laris Manis!

Cara Jualan di Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia

√ Panduan Lengkap Cara Jualan di Tokopedia Biar Tokomu Laris Manis!

Cara Jualan di Tokopedia – Beberapa marketplace besar di Indonesia memberikan peluang untuk siapa saja yang berminat jualan online.

Produk yang dijual bisa berupa apa saja yang bermanfaat dan dibutuhkan orang banyak, baik berupa barang maupun jasa.

Salah satu marketplace yang menawarkan kerjasama  adalah Tokopedia. Cara jualan di Tokopedia sangat mudah, tidak membutuhkan waktu lama kama kamu siap beroperasi menjajakan atau mengiklankan barang daganganmu.

Tokopedia memiliki banyak pelanggan yang akan melihat toko yang kamu miliki di Tokopedia, dengan begitu jumlah penjualan bisa meningkat dan keuntungan bisa lebih tinggi.

Tingkat promosi juga akan semakin mudah sehingga resiko kegagalan dalam usaha jualan online yang sedang kamu jalankan semakin kecil.

Cara jualan di tokopedia yang juga terbilang mudah semakin membuat banyak pedagang online yang ingin bergabung. Hingga kini terhitung sekitar 90 juta pengguna di Tokopedia yang pasti bermanfaat untuk toko onlinemu

Langkah Awal dengan Membuka Toko Di Tokopedia

Buka Toko – Cara Jualan Di Tokopedia

Cara jualan di Tokopedia bisa dimulai dengan membuat akun atau membuat toko yang bisa dilakukan dengan mudah. Dijamin membuat siapa saja bisa melakukannya dengan mudah, kemudian bisa langsung dioperasikan. Penasaran dengan langkah yang harus dilakukan untuk membuat akun, berikut penjelasannya:

  • Pertama buka aplikasi Tokopedia, jika ponselmu belum memilikinya bisa langsung install di play store
  • Setelah masuk aplikasi pilih “Buka Toko Gratis”
  • Laman selanjutnya akan muncul perintah untuk memasukkan nomor ponsel kemudian akan diverifikasi dengan OTP dan pastikan nomor ponsel aktif
  • Selanjutnya perintah memasukkan data yang diperlukan, sesuai KTP, seperti nama, alamat, jenis kelamin dan lainnya

Isi Data Toko

  • Masukkan nama toko, pastikan nama toko menarik dan belum dipakai oleh orang lain serta mudah diingat
  • Halaman selanjutnya akan berisi survey singkat mengenai berjualan yang berfungsi untuk memudahkan Tokopedia mengenalmu
  • Halaman selanjutnya adalah memasukkan alamat toko dengan jelas, mulai dari nama jalan, nomor bangunan, RT / RW dengan jelas untuk memudahkan kurir saat menjemput barang
  • Setelah seluruh data yang diminta sudah diisi serta semua proses sudah dilalui dengan benar maka toko online pertamamu selesai.

Membuat Akun Tokopedia Jualan

Mulai Berjualan

Cara jualan di Tokopedia selanjutnya setelah toko online siap dibuat, maka mulai berjualan dengan mengupload barang jualan.

Cara upload barang juga mudah bisa dilakukan kurang dari 5 menit sesuai dengan jaringan internet yang kamu miliki. Berikut langkah atau cara upload barang jualan:

Menambahkan Produk di Tokopedia

  • Kunjungi Tokopedia
  • Buka akun milikmu kemudian pilih opsi “Tambah Produk” pada pengaturan halaman depan
  • Selanjutnya upload foto produk yang sudah kamu siapkan di galeri dengan kualitas gambar terbaik agar menarik saat dilihat
  • Isi nama kategori produk dengan jelas mulai dari nama lengkap, kategori produk, hingga pilihan etalase untuk memudahkan barangmu mudah ditemukan
  • Selanjutnya menentukan harga jual, pastikan harga jual tidak kurang dari harga modal, namun jangan terlalu mahal dan sesuaikan dengan harga pasaran agar pembeli tidak ragu untuk bertransaksi di tokomu
  • Isi info produk serta pengiriman, mulai dari jumlah stok, varian, bahan, kualitas serta seluruh deskripsi produk dengan jelas dan menarik. selain itu isi juga berat produk dan pilih asuransi pengiriman.
  • Terakhir simpan produk dengan klik “Simpan & Tambah Baru” kemudian produk yang anda jual siap ditampilkan dan siap menerima pesanan pertamamu.

Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Setelah toko online atau akun selesai dibuat dan produk sudah dipublikasikan, maka cara jualan di Tokopedia belum berakhir sampai disini, justru disinilah awal perjuanganmu dimulai.

Untuk mendatangkan pelanggan kamu perlu melakukan berbagai cara promosi yang inovatif. Promosi yang tepat dijamin akan membuat produk jualanmu dilihat banyak orang dan semakin meningkatkan nilai jualnya. Beberapa cara promosi yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Promosi Menggunakan Sosial Media

Dalam tahapan ini kamu perlu melakukan promosi yang kerap dilakukan para pebisnis yakni menggunakan social media sebagai promosi mudah dan murah.

Bagikan link toko online milikmu di Tokopedia untuk memudahkan orang berkunjung. Media social kini juga semakin digandrungi berbagai kalangan inilah salah satu alasan memilih promosi di social media.

Dalam promosi ini memiliki banyak pertemanan dan follower akan semakin memudahkan kerjamu. Beberapa sosial media yang sering digunakan seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya

2. Buat Promosi Unik

Promosi selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membuat promosi unik. Biasanya para konsumen sangat menyukai promo, hal ini semakin menguntungkan kita sebagai pedagang. Promosi yang bisa dilakukan seperti promo cashback, harga special untuk pembelian 1 paket produk, atau beli 1 gratis 1.

3. Manfaatkan Fitur Gratis Tokopedia

Tokopedia sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia juga memberikan banyak penawaran fitur yang menguntungkan.

Maka kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menarik pelanggan. Salah satu fitur yang disediakan adalah “Voucer Toko” dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Cara Jualan Online untuk Pemula

Tips Jualan Di Tokopedia

Berikut ini beberapa tips jualan di tokopedia agar toko kamu laris dan memiliki reputasi yang baik:

1. Buat Branding Toko yang Tepat

Setelah kita membahas secara detail mengenai cara jualan di Tokopedia, kini kita akan berlanjut dengan memberikan beberapa tips jualan di Tokopedia.

Pertama dengan membuat branding toko yang tepat. Branding atau brand identity ini mencakup berbagai komponen visual yang membentuk sebuah merek.

Di dalamnya terdapat berbagai hal penting seperti logo, tipografi, warna, serta kemasan. Dengan memperhatikan hal ini akan membuat pengunjung atau calon pembeli semakin tertarik untuk membeli

2. Buat List Produk yang Menarik

Tips yang kedua ini memperhatikan list produk. Saat berjualan atau mengupload produk pastikan setiap halaman produk yang dijual melalui Tokopedia dibuat semenarik mungkin. Beberapa yang harus diperhatikan dalam membuat list produk, diantaranya:

  • Buat nama sesuai rumus yakni jenis/kategori * merek * keterangan
  • Gunakan foto produk terbaik yang kamu miliki untuk menarik pembeli
  • Buatlah deskripsi produk secara lengkap dan menarik
  • Buat harga jual yang sesuai pasaran karena angka yang terlalu tinggi akan membuat pembeli berpikir dua kali

3. Aktifkan Fitur Bebas Ongkir

Tips jualan ampuh di Tokopedia selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur gratis ongkir. Dalam hal ini biasanya potongan ongkir bisa mencapai Rp. 20.000 untuk pengiriman dalam pulau sedangkan untuk di luar pulau bisa mencapai Rp. 40.000. cara ini dijamin ampuh menarik pengunjung atau calon konsumen untuk berbelanja di toko milikmu.

4. Gunakan Fitur Dekorasi Toko untuk Mempercantik Tokomu

Untuk menarik calon konsumen kamu bisa mencoba menggunakan fitur dekorasi toko yang disediakan oleh Tokopedia.

Fitur ini bisa mengatur tokomu menggunakan promo, banner, video, produk unggulan, dan lainnya. fitur ini akan mengarahkan pembeli langsung melihat konten – konter terbarumu.

5. Kelola Toko Menggunakan Satu Halaman Tokopedia Seller

Cara selanjutnya untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan halaman Tokopedia Seller dengan mengunjungi link seller.tokopedia.com/home.

Dengan mengunjungi link tersebut maka kamu akan diarahkan untuk mengatur performa harian toko, manajemen stok produk, sampai mencari info artikel serta event terbaru yang ada dalam satu halaman yakni di halaman Tokopedia seller.

Beberapa bagian penting dari halaman Tokopedia, diantaranya:

  • Halaman cek ketersediaan barang yang akan membantumu dalam mengatur stok produk. Namun halaman ini baru akan muncul saat kamu memiliki produk yang laris dalam 3 bulan terakhir tetapi stoknya kosong. Halaman ini juga berfungsi untuk mengingatkan kamu agar selalu update jumlah stok, sehingga tidak sampai membatalkan pesanan karena stok kosong
  • Informasi penting hari ini. halaman ini berisi prioritas yang perlu kamu lakukan hari ini. sistem akan memberitahukan apa saja yang harus kamu usahakan diselesaikan pada hari ini yang bisa berupa informasi seputar pesan baru yang masuk, chat dari pembeli, pesanan yang siap kirim, serta komplain dari pembeli.
  • Rangkuman penjualan dalam 1 minggu terakhir. Sistem Tokopedia akan memberikan ringkasan transaksi dalam satu minggu seperti jumlah produk yang terjual, berapa banyak pengunjung yang mengunjungi tokomu, dan lain sebagainya.

6. Memanfaatkan Fitur yang Disediakan Tokopedia

Ada banyak fitur yang disediakan oleh Tokopedia yang bisa menarik banyak pengunjung ke tokomu seperti fitur TopAds, voucher toko berupa cashback atau gratis ongkir yang pastinya akan disukai pengunjung atau konsumen.

***

Itu tadi sederet informasi mengenai cara jualan di Tokopedia, mulai dari pembuatan akun atau toko hingga beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menarik banyak pengunjung berbelanja di tokomu. Semoga bermanfaat. Terima  kasih

Baca juga: Cara Jualan Di Bukalapak

Tags: Cara Berjualan di TokopediaCara Jualan Di TokopediaCara Jualan Online di TokopediaJualan Laris di TokopediaTips Jualan di Tokopedia