Notifikasi
Baca Situs Meabisnis.com Untuk Mendapatkan Informasi Bisnis Terbaru

√ 49 Ide Bisnis Makanan Ringan Potensi Untung Puluhan Juta Modal Kecil

Ide Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan

√ 49 Ide Bisnis Makanan Ringan Potensi Untung Puluhan Juta Modal Kecil

Bisnis makanan ringan semakin menjamur di Indonesia. Banyak yang awalnya bermula dari bisnis rumahan dengan modal dan omset pas – pasan sudah mampu menembus pasar Nasional, bahkan Internasional.

Bisnis makanan ringan memang tidak ada matinya, dari tahun ke tahun justru mengalami peningkatan yang signifikan, baik dalam bidang penjual maupun pembuat makanan ringan.

Hal ini tentu saja tidak terlepas dari tingginya permintaan masyarakat akan makanan ringan. makanan ringan kini juga semakin inovatif mengikuti selera masyarakat.

Makanan ringan biasanya dibeli untuk berbagai kesempatan, terutama menjadi teman saat menonton Televisi, nonton bioskop, serta menjadi teman setia saat ngobrol santai bersama teman dan keluarga.

Tingginya minat masyarakat akan makanan ringan atau kudapan ini membuat tingkat bisnis makanan ringan juga turut meningkat. Mungkin anda adalah salah satu diantaranya, namun masih bingung memilih jenis bisnis makanan ringan yang tepat.

Bagi yang jeli melihat fenomena ini bisa langsung terjun ke bisnis makanan ringan, karena semua makanan ringan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Bisnis makanan ringan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang memiliki waktu senggang. Bisnis ini bisa anda geluti disela-sela waktu kosong anda setelah mengurus rumah (ibu rumah tangga) atau bahkan bisa menjadi bisnis sampingan karyawan sepulang dari kantor (karyawan swasta atau ASN).

Bagi siapapun yang memiliki jiwa wirausaha, melihat peluang bisnis yang ada di depan mata. Kalau kita jeli melihat peluang bisnis, sebenarnya ada banyak usaha kecil hingga menengah yang bisa kita garap dan menjadi lahan yang menghasilkan untuk kita.

Untuk memulai usaha besar, dibutuhkan keahlian dan pengalaman yang matang. Kalau pepatah mengatakan semakin tinggi pohon maka angin yang menerpa akan semakin kencang.

Begitu juga dalam dunia wirausaha, semakin besar usaha yang kita garap maka tantangan yang akan kita hadapi juga akan semakin besar.

Nah, untuk bisa besar, maka kita harus memulai dari yang kecil dulu. Salah usaha yang bisa kita geluti adalah bisnis makan ringan.

Meskipun namanya bisnis makanan ringan, tapi hasil ternyata cukup menjanjikan. Dari usaha makan ringan ini bisa kita kembangkan dan ekspansi menjadi usaha dalam skala besar.

Makanan ringan atau yang lebih kita kenal dengan sebutan cemilan menjadi salah satu makanan pilihan masyarakat kita untuk menemani saat santai atau sedang mengobrol.

Ada banyak sekali peluang bisnis makanan ringan yang bisa kita coba. Untuk pemasaran sendiri, anda bisa membuka warung sendiri, menitipkan kepada pemilik toko, menitipkan di sekolah-sekolah, atau men-suplay ke minimarket hingga super market yang sudah memiliki jaringan yang luas dan sangat kuat.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis makan ringan tergantung dari produksi yang kita targetkan. Kalau hanya sekali rumahan bisa antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun kalau dalam skala besar tentu membutuhkan pendanaan yang besar pula.

Bisnis makanan ringan

Pilihan Bisnis Makanan Ringan yang Paling Tepat

Buat yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis makanan ringan bisa mencoba beberapa pilihan jenis makanan ringan yang paling tepat berikut ini.

Memang ada banyak sekali jenis makanan yang cocok menjadi ide bisnis, baik kelas rumahan maupun kelas perusahaan. Berikut diantaranya :

1. Macaroni

Bisnis Macaroni

Ide bisnis makanan ringan yang pertama adalah macaroni. Belakangan ini makanan ringan yang satu ini sedang naik daun, terutama di kalangan anak sekolah dan mahasiswa.

Jadi anda bisa mencoba menjualnya di dekat kampus atau menitip di kantin – kantin sekolah. Selain itu anda bisa mencoba membuka lapak atau toko online di Shopee, Tokopedia, atau melalui media social yang anda miliki.

Macaroni merupakan makanan ringan sejenis kerupuk yang bentuknya seperti pipa, bulat memanjang dan bagian tengahnya berlubang.

Makanan renyah ini dijual dengan berbagai varian rasa, mulai dari balado dengan berbagai tingkat kepedasan, jagung manis, barbeqiu, dan masih banyak lagi.

2. Dadar Gulung

Bisnis Dadar Gulung

Makanan ringan atau kudapan selanjutnya yang bisa menjadi ide bisnis adalah Dadar Gulung. Makanan atau kue yang satu ini sudah melegenda, karena sudah ada sejak lama.

Rasanya yang lezat dengan dominasi manis pada bagian dalamnya membuat siapa saja ketagihan saat mencicipinya. Untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit. pertama siapkan terlebih dahulu isiannya dengan bahan sebagai berikut, kelapa parut, gula merah, serta sedikit garam.

Masak bagian isi terlebih dahulu dengan mencampurkan semua bahan. Untuk rasa bisa disesuaikan dengan selera. Selanjutnya buat bagian kulit dadar gulung, dengan bahan, tepung terigu, telur, pewarna pandan serta sedikit air. Campur semua bahan lalu cetak menggunakan Teflon.

Jajanan pasar yang satu ini memang selalu menjadi favorit ibu- ibu yang berbelanja di pasar tradisional. namun kini sudah banyak online shopee yang menawarkan dadar gulung sebagai salah satu produk andalan mereka.

3. Martabak Varian Toping

Martabak Varian Topping

Disetap sudut kota biasanya kita bisa menemukan pedagang martabak gerobak yang beroperasi setiap sore. Memang makanan yang satu ini memiliki banyak penggemar.

Bahkan martabak menjadi makanan andalan saat berkunjung ke rumah calon mertua. Melihat tingginya peminat martabak membuatnya masuk dalam daftar bisnis makanan ringan yang paling tepat.

Kini martabak juga mengalami berbagai inovasi, dengan berbagai varian rasa baru martabak menjadi semakin populer. Diantaranya, keju, cokelat, jagung, kacang mesis, keju susu, strawberry, selain buah dan masih banyak lagi.

4. Pizza Mini

Pizza Mini

Pizza mini bisa menjadi ide bisnis makanan ringan selanjutnya. Ukurannya yang mini memang menjadi pilihan banyak orang, selain cukup dimakan oleh satu orang, pizza mini juga ramah dikantong alias murah meriah dibanding ukuran normal. Pizza mini juga bisa dijual bukan hanya dengan orang dewasa, namun juga cocok dijajakan untuk anak – anak.

Tingginya persaingan membuat anda harus putar otak untuk membuat pizza mini yang anda jual laris manis, salah satunya dengan melakukan banyak promosi, baik secara offline maupun online.

Anda juga wajib menjaga kualitas rasa agar tidak kalah dari pebisnis serupa lainnya. cobalah dengan memakai toping sederhana seperti sosis, jagung, jamur, dan keju.

5. Tahu Bakso

Bisnis Tahu Bakso berawal dari kawasan Semarang, namun kini sudah menyebar hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Bahkan anda juga bisa mencoba bisnis menjual Tahu Bakso di kota anda.

Tahu bakso dijual dengan berbagai bentuk, mulai dari beku, mentah, bahkan yang sudah digoreng. Tahu bakso kini juga semakin hits dikalangan pecinta kuliner Indonesia, sehingga semakin membuka kesempatan bisnis untuk siapa saja.

Cara membuat dan bahan baku  yang dibutuhkan juga sangat mudah didapat, mulai dari tahu, daging ayam, tepung, serta telur.

Kemudian kita tinggal melakukan pemasaran bisa secara offline dengan membuka kedai atau menitipkan ke warung – warung di sekitar kita. Selain itu untuk memperluas jangkauan bisa menjualnya secara online melalui toko online atau media social.

6. Singkong Keju

Bisnis makanan ringan selanjutnya yang cocok menjadi pilihan adalah bisnis singkong keju. Makanan ringan yang satu ini merupakan hasil modifikasi makanan tradisional dengan cita rasa dan bentuk modern.

Jika sebelumnya singkong dianggap sebagai makanan kampung, maka kini singkong sudah bertransformasi menjadi makanan yang kekinian.

Rasanya gurih dan enak, belum lagi tambahan keju membuat rasanya menjadi eksklusif dan nikmat disantap selagi panas. Cocok dimakan pada sore dan malam hari sembari santai menonton Televisi.

Pilihlah singkong berkualitas untuk menghasilkan singkong keju yang pulen, dan lembut. Pilihlah cara berjualan yang tepat untuk mendapatkan banyak pelanggan.

7. Tahu Kremes

Satu lagi makanan ringan berbahan dasar tahu yang ikut mengalami modifikasi dari masyarakat kreatif yakni Tahu Kremes. Selain tahu bakso, tau kremes tidak kalah enak dan digemari.

Bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan bisnis yang paling tepat di tengah maraknya bisnis makanan ringan di Indonesia. Untuk membuat tahu kremes juga sangat mudah.

Sebeum tahu digoreng, baluri tahu terlebih dahulu menggunakan tepung untuk ayam goreng, kemudian goreng hingga crispi atau berbunyi kremes saat dimakan.

Untuk menambah keunikan dan membuat orang semakin menyukainya tambahkan varian rasa seperti bubuk balado, BBQ, keju, pedas manis, dan lainnya. mulailah jualan tahu kremes menggunakan gerobak yang mangkal di tempat – tempat ramai.

8. Bakso Goreng

Bakso goreng kini juga tidak kalah populer diantara jejeran makanan ringan khas Indonesia. Biasanya kita bisa menemukan makanan ini dengan mudah di kedai bakmi yang biasa dijual dalam bentuk freeze atau beku serta yang sudah digoreng. Untuk rasa atau cita rasanya dominan gurih dengan tekstur lembut di dalam dan renyah diluar.

Sebelum anda memulai bisnis makanan ringan bakso goreng bisa menentukan target pasar terlebih dahulu yaitu cocok di kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa, anak sekolah serta pemilik usaha bakmi. Kemudian untuk melebarkan sayap dan meningkatkan jangkauan cobalah memanfaatkan dunia internet sebagai promosi usaha.

9. Sosis Bakar

Sosis bakar menjadi peluang bisnis makanan ringan yang tidak kalah menguntungkan. Selain menguntungkan untuk memulai usaha juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Harga untuk tiap pack sosis sangat terjangkau.

Biasanya kita sering menjumpai pedagang sosis bakar di sekitar sekolah atau kampus, karena memang makanan yang satu ini sangat disukai oleh anak – anak, remaja bahkan orang dewasa.

Untuk memulai usaha anda hanya perlu menyiapkan sosis, mayones serta saus sebagai bahan baku. Kemudian siapkan juga alat pemanggang, capitan dan berbagai peralatan memanggang dan jualan lainnya. Maka anda siap untuk memulai bisnis pertama anda di kawasan yang ramai tentunya.

10. Ayam Goreng Krispi

Dimana pun dan siapa pun pasti tidak bisa menolak kelezatan ayam goreng krispi. Makanan ini memang menjadi makanan idola bagi semua orang dan semua kalangan, maka tidak heran jika banyak penjual ayam goreng krispi, baik dari kelas gerobak hingga kelas restoran seperti CFC, KFC, Saiment, dan masih banyak lagi. pedagang ayam goreng krispi juga tidak pernah terlihat sepi pengunjung.

Peluang seperti ini bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan besar. Melihat tingginya persaingan sebaiknya gunakan resep anda sendiri untuk meningkatkan daya tarik pembeli.

Untuk menambah penghasilan dan keuntungan anda bisa mencoba bekerjasama dengan pihak catering atau EO. Selain itu ada banyak franchise makanan yang menawarkan kerjasama sebagai pilihan bisnis.

11. Roti Bakar

Satu lagi gerobak pinggir jalan yang selalu dipenuhi antrian pembeli, terutama pada malam hari yakni penjual roti bakar. Melihat antusias pembeli menandakan bisnis ini bisa menjadi bisnis yang baik kedepannya dan cukup menawarkan keuntungan yang besar.

Untuk membuatnya juga sangat mudah anda hanya perlu menyiapkan roti tawar, margarine serta berbagai selain sebagai topping.

Untuk peralatan yang dibutuhkan , pertama satu buah gerobak, kompor, Teflon atau wajan untuk memanggang, pisau serta spatula.

Penggunaan gerobak untuk anda yang ingin berjualan di pinggir jalan atau dekat sekolah atau dekat kampus yang jauh dari rumah anda.

Selain itu anda juga bisa berjualan di depan rumah saja jika kondisinya memungkinkan tannpa harus memakai gerobak.

12. Kerupuk Jengkol

Makanan ringan khas Indonesia selanjutnya  yang bisa menjadi ide bisnis adalah kerupuk jengkol. Biasanya jengkol dijadikan sebagai bahan olahan masakan seperti dibuat semur, rendang, gulai, dan masih banyak lagi.

Namun kini jengkol juga sudah diolah menjadi kudapan ringan yakni dibuat kerupuk. Dimana lagi anda bisa menemukan kerupuk beraroma jengkol kalau tidak di Indonesia.

Biasanya pedanag kerupuk jengkol menjualnya dalam bentuk mewah yang dijual per kilo atau per bungkus untuk yang sudah digoreng. Untuk varian rasa juga sudah banyak mengalami peningkatan, ada rasa original, pedas, keju, balado, peda manis dan lainnya.

Untuk memudahkan anda berjualan bisa mencoba cara online menggunakan berbagai aplikasi yang memudahkan seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, toko online, marketplace, dan masih banyak lagi.

13. Nasi Goreng

Siapa yang tidak kenal makanan melegenda yang menjadi kesukaan banyak orang, nasi goreng. Makanan yang satu ini menjadi santapan favorit orag Indonesia saat bersantap malam.

Bahan tambahan yang digunakan kini juga semakin inovatif. Bukan hanya rasa original dengan telur dadar di atasnya saja, kini sudah banyak pilihan nasi goreng berbagai rasa, seperti nasi goreng seafood, nasi goreng petai, nasi goreng pela ati, nasi goreng sayur, nasi goreng ekstra pedas dengan siuran ayam dan masih banyak menu lainnya.

Penjual nasi goreng kini bukan lagi kelas gerobak serta warung saja, namun sudah banyak restoran mewah serta café yang menjadikan nasi goreng sebagai menu andalan.

Bisnis makanan ringan yang satu ini dijamin menguntungkan dan memiliki prospek kedepan yang cukup baik. jika anda tertarik untuk terjun dalam bisnis yang satu ini bisa mencoba memulai berjualan di dekat kampus, indekos, serta pinggir jalan.

14. Tahu Bulat

Bisnis makanan ringan selanjutnya yang cocok menjadi pilihan adalah berjualan tahu bulat. Makanan yang satu ini merupakan inovasi terbaru dari olahan tahu.

Meski tergolong baru, namun sangat digemari semua kalangan, terutama anak sekolah, dan mahasiswa. Tahu bulat juga sering kali menjadi oleh – oleh saat kita bepergian keluar kota. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya disukai banyak orang.

Untuk memulai usaha penjualan tahu bulat modal yang dibutuhkan sangat terjangkau. anda hanya perlu menyiapkan tahu sebagai bahan baku, minyak untuk menggoreng serta berbagai varian rasa untuk menambah cita rasa.

Saat berjualan sebaiknya jual tahu bulat dadakan, dimana saat pembeli datang baru tahu bulat kita goreng. Karena tahu bulat semakin nikmat saat disantap dalam kondisi panas.

15. Seblak

Sejak kemunculannya pertama kali di Jawa Barat, khususnya Bandung, seblak langsung mencuri perhatian para penikmat kuliner di Indonesia.

Tidak heran jika seblak menjadi kudapan favorit para remaja, terutama para mahasiswa. Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk mentah dan telur rebus yang berkuah pedas. Rasanya yang unik dank has membuatnya cepat sekali naik daun.

Selain seblak original anda bisa menjualnya dengan tambahan berbagai macam topping, mulai dari sosis, ceker ayam, udang, bakso, dan lain sebagainya. Untuk menambah ketertarikan pengujung buat seblak dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

16. Piscok

Piscok atau pisang coklat menjadi bisnis makanan ringan selanjutnya yang cukup menguntungkan. Cita rasa pisang dikombinasikan dengan coklat serta kulit tepung menghasilkan cita rasa yang manis dan enak, membuatnya disukai berbagai kalangan.

Piscok sangat mudah dibuat, pertama siapkan kulit yang terbuah dari adonan tepung, kemudian baluri pisang dengan coklat leleh kemudian bungkus menggunakan kulit yang sudah disiapkan.

Terakhir goreng hingga matang.  Untuk menambah kelezatan piscok beri topping susu coklat, mesis, serta keju. Bayak juga pedagang yang menambahkan berbagai rasa seperti green tea, strawberi, blueberry dan masih banyak lagi.

Untuk penjualannya bisa menggunakan gerobak, atau membuka warung di depan rumah. kemudia bisa juga dipromosikan melalui internet.

17. Jamur Krispi

Olahan jamur kini semakin beragam, mulai dari olahan masakan hingga diolah menjadi makanan ringan yang cocok  untuk ngemil disaat senggang yakni Jamur Krispi.

Penggemar makanan bercita rasa gurih dengan tekstur renyah ini juga semakin banyak oleh sebab itu peluang bisnis makanan ringan jamur krispi juga semakin besar. Selain rasa original kini sudah banyak varian rasa baru seperti balado, keju, jagung bakar, BBQ, dan rasa lainnya.

Jika anda tertarik untuk terjun di dalamnya pastikan terlebih dahulu untuk mencari pemasok jamur. Kemudian tentukan pula target pasar dan berbagai hal peting mengenai bisnis. setelah seluruh persiapan dilakukan rencanakan juga cara jual dan promosi yang tepat.

18. Cireng

Masih banyak lagi deretan makanan ringan yang cocok dijadikan bisnis rumahan maupun partai besar, cireng menjadi pilihan berikutnya.

Makanan ini berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat yang terbuat dari tepung aci digoreng. Ketenarannya sudah sanat luas bukan hanya di Indonesia saja, namun sudah sampai Mancanegara. Disetiap sudut kota kita bisa menemukan pedagang cireng dengan mudah.

Kini cireng juga sudah berinovasi soal rasa, sudah banyak pedagang yang menjualnya dengan tambahan bumbu rujak dan petis.

Cara menjualnya juga bukan hanya di gerobak saja, namun sudah banyak pedagang yang menawarkan cireng secara online. Bagaimana, tertarik ? anda bisa mencobanya.

19. Bakso Goreng

Jika umumnya penjual bakso menjualnya dalam bentuk sup atau makanan berkuah yang disantap bersama mie dan kuah, namun kini sudah banyak inovasi lain dari bakso, salah satunya adalah bakso goreng.

Makanan ini berteksur halus dan lunak di dalam namun renyah di luar. Bakso goreng kini sudah di produksi dimana – mana yang cocok dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga.

Selain itu cocok juga dijadikan campuran mie ayam. bahkan banyak pula pedagang makanan yang membuat bakso sebagai kerupuk seperti yang banyak tersebar di kota Bandung.

20. Keripik Pisang Coklat

Keripik pisang mungkin sudah sering kita dengar, namun keripik pisang khas Lampung ini sedikit berbeda dari keripik pisang pada umumnya. Pisang diiris lebih tebal yang kemudian dibalut dengan coklat.

Maka rasa pisang yang khas dipadukan dengan kelezatan coklat menghasilkan makan yang enak dan cocok disajikan saat berkumpul bersama keluarga.

Makanan bercita rasa manis dan gurih ini disulai berbagai kalangan. Tidak heran jika keripik pisang coklat masuk ke dalam daftar pilihan bisnis makanan ringan.

Kini keripik pisang coklat juga sudah berinovasi menjadi kuliner beragam pilihan rasa mulai dari strawberry, green tea, anggur, jagung dan masih banyak lagi.

21. Gurilem

Ide bisnis makanan ringan selanjutnya adalah bisnis Gurilem yang merupakan kerupuk pedas panjang khas Cililin Cihampelas, Bandung. Nama kerupuk ini sendiri diambil dari cita rasa dan bahan untuk membuatnya yakni gurih dan pelem.

Tingkat persaingan dalam industry pembuatan Girilem mungkin belum terlalu tinggi, hal inilah yang memuat peluang yang anda miliki masih terbuka lebar.

Cocok dijadikan ide bisnis yang bisa meraup untung besar. Terlebih lagi jika anda melakukan promosi dengan tepat yakni bisa secara online maupun offlline.

Kini juga gurilem sudah banyak berinovasi, contohnya kerupuk gurilem dijual dengan kuah pecal atau kuah rujak. Sehingga kerupuk gurilem semakin disukai masyarakat.

22. Kembang Goyang

Kembang goyang dibeberapa kawasan di Indonesia memiliki nama lain seperti roda dokar, kembang layang, dan masih banyak lagi. makanan ini sudah sangat melegenda yang berasal dari Betawi, terutama disajikan pada hari Raya Idul Fitri.

Kini kemang goyang bukan lagi makanan tradisional yang disajikan di peringatan tertentu saja, namun sudah banyak toko atau kedai makanan yang menjualnya setiap hari.

Melihat potensi yang cukup besar, membuat para pebisnis memanfaatkannya. Salah satunya dengan membuka toko khas oleh – oleh yang menjual kembang goyang. Potensi bisnis seperti ini tentu juga bisa anda manfaatkan. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Siapkan tepung beras dan bahan lainnya kemudian dicetak yang bentuknya menyerupai kelopak bunga dan digoreng dengan terus di goyang – goyang hingga adonan lepas dari cetakan.

23. Lanting

Sebagai masyarakat asli Indonesia siapa yang tidak mengenal makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu kala yakni Lanting.

Rasanya keras garing yang terbuat dari parutan singkong yang banyak sekali peminatnya. Lanting biasanya berbentuk bulat seperti cincin atau seperti angka 8 yang digoreng kering menyerupai kerupuk namun teksturnya lebih padat dank eras.

Camilan yang satu ini bisa dijadikan teman untuk makan bakso atau sekedar duduk santai menonton Televisi. Biasanya juga lanting dijadikan sebagai oleh – oleh khas suatu daerah.

Jika anda tertarik untuk berbisnis lanting, anda bisa mencari pemasoknya terlebih dahulu dan pastikan harga dari pemasok tidak terlalu mahal agar harga jualnya tidak terlalu tinggi.

24. Onde – onde

Onde – onde merupakan makanan khas Indonesia selanjutnya  yang cocok dijadikan sebagai ide bisnis. di hati masyarakat Indonesia, makanan ringan yang satu ini sudah mendapatkan tempat tempat.

Dengan begitu untuk menjual satu bungkus onde – onde bukan hal yang sulit. onde – onde disukai semua kalangan terutama kaum ibu – ibu yang doyan ngemil.

Untuk membuatnya juga bukan hal yang sulit. pertama siapkan campuran tepung ketan dan beras, gula pasir, vanilla, garam, air secukupnya, biji wijen, dan isian.

Untuk isianya sendiri kini sudah banyak inovasi, jika dulu onde – onde identik dengan isian kacang hijau yang dihaluskan, namun kini sudah ada rasa nanas, strawberry, kacang, coklat, dan ain sebagainya.

25. Stik Talas

Sudah banyak sekali ide bisnis makanan ringan yang kita bahas, namun jika anda belum bisa menentukan pilihan yang pas, kami masih memiliki sederet ide bisnis makanan ringan lainnya, seperti Stik Talas yang merupakan makanan khas Pontianak dan merupakan inovasi terbaru dari umbi talas. Bentuknya seperti stik kecil memanjang yang rasanya dominan gurih, namun masih ada rasa talasnya.

Setelah stik talas digoreng bisa diberi bumbu. Ada juga pelanggan yang menyukai rasa original, namun banyak pula yang menyukai dikasih bumbu, sesuaikan saja dengan permintaan pelanggan.

26. Mie Lidi

Mie lidi pernah booming pada era 90an. Makanan ini sangat disukai anak SD pada masa itu, hingga kini mie lidi yang bercita rasa pedas ini masih memiliki banyak penggemar.

Bukan hanya dikalangan anak SD saja, namun sudah merambah berbagai kalangan. Terlebih lagi kini mie lidi memiliki banyak varian rasa kekinian. Dengan begitu untuk menjual mie lidi di zaman berba digital dan internet seperti sekarang ini adalah hal yang mudah.

Sudah banyak sekali kisah sukses penjual mie lidi yang memanfaatkan dunia internet, contohnya pedagang asal Jawa Barat yang sudah meraih kesuksesan dengan menjual mie lidi via e-commerce. Kini penjualannya mampu menembus pasar Nasional.

27. Gorengan

Selalu terlihat antrian pembeli di gerobak abang – abang gorengan di pinggir jalan. Terlihat plastic warna – warni yang siap membungkus setiap pesanan pembeli.

Memang makanan ringan yang satu ini tidak ada matinya, dari dulu hingga kini selalu menjadi camilan favorit berbagai kalangan. Dalam gerobak terlihat berbagai menu gorengan pilihan yang diletakkan di nampan – nampan.

Mulai dari bakwan, tempe goreng tepung, tahu isi, tahu bulat, tahu sumedang, ketela rambat, ubi goreng tepung, risoles, pisang molen, pisang goreng, cireng, combro, oncom balut tepung, serta tidak lupa abang gorengan menyiapkan saus dan cabai rawit untuk teman makan gorengan. Sudah banyak sekali usaha UMKM yang mengaku meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Memang usaha gorengan ini menjanjikan keuntungan yang besar setiap bulannya. namun tentu saja tingkat persaingannya juga semakin tinggi. untuk menghadapi para pesaing yang berjualan di sekitar anda, buatlah inovasi gorengan seperti pisang coklat, singkong keju, es goreng, nanas goreng dan lain sebagainya.

28. Batagor

Batagor menjadi makanan khas Bandung selanjutnya yang selalu bisa memikat para pelanggan. Mau dimakan kering atau berkuah, batagor selalu nikmat untuk disantap.

Makanan ini memang sudah akrab dengan lidas masyarakat Indonesia, terutama anak – anak dan mahasiswa. Maka tidak heran jika abang batagor banyak sekali yang mangkal di depan sekolah atau depan kampus.

Untuk membuat batagor juga sangat mudah. Siapkan bahan – bahannya seperti tepung, tahu, ikan tenggiri, serta kuah kacang yang lezat.

Melihat dari bahan – bahan yang digunakan, batagor merupakan makanan yang cukup menyehatkan. Ide bisnis yang satu ini memang cocok untuk siapa saja, termasuk anda. Terlebih modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

29. Pempek

Makanan khas Palembang ini kini bisa ditemukan di seluruh kawasan Indonesia. Hal ini terlihat dari gerai – gerai pempek yang terus bermunculan. Rasanya yang lezat membuatnya disukai banyak orang terutama para penggemar makanan pedas.

Untuk membuatnya kita cukup menyiapkan tepung tapioca dan ikan tenggiri. Kemudian diberi isian sesuai selera, seperti telur, tahu, bakso, sosis dan lain sebagainya.

Pempek sendiri memiliki nama – nama yang unik sehingga membuat banyak orang semakin tertarik seperti, pempek kapal selam, pempek lenjer, dan lainnya.

Penjual pempek kini bukan hanya menjualnya secara offline di kedai atau gerobak saja, namun sudah banyak yang menjualnya via online.

30. Bakpau Buah

 Bisnis makanan ringan selanjutnya yang cocok dijalankan pada era milenial seperti sekarang ini adalah usaha Bakpau Buah. Usaha yang satu ini terdengar cukup unik dan masih jarang pesaing.

Dengan begitu jika anda tertarik untuk memulai bisnis yang satu ini sangat cocok dan berpotensi mendapatkan banyak pelanggan.

Bapau buah masih terbilang unik karena pada umumnya bapau berbentuk setenhah lingkaran yang diisi dengan inti kelapa.

Kini anda bisa memulai membuat bakpau yang dibentuk beraneka macam jenis buah warna – warni yang pasti sangat disukai anak – anak. Inovasi seperti ini patut dikembangkan dan semakin diperbaiki agar semakin populer dan disukai masayarakat.

31. Usaha Aneka Pepes

Siapa yang tidak mengenal kuliner khas Indonesia khususnya daerah Sunda yang satu ini, pepes menjadi makanan favorit banyak orang dan menjadi menu andalan dibanyak rumah makan di Indonesia.

Varian bahan olahannya juga sangat beragam, mulai dari pepes ikan, pepes udang, pepes ayam, pepes tahu dan masih banyak olahan pepes lainnya. kuliner yang satu ini memang selalu menjadi menu pilihan saat kita mengunjungi restoran Sunda.

Peminat dari pepes yang cukup tinggi membuat peluang usahanya juga semakin terbuka lebar. Maka dari itu kita bisa mencoba ikut terjun bisnis ini.

Namun tentunya tingkat persaingan yang tinggi tidak bisa dianggap remeh, butuh keseriusan dan strategi bisnis  yang kuat untuk tetap bisa bertahan.

32. Roti Cane

Bisnis makanan ringan selanjutnya yang cocok menjadi pilihan untuk memulai bisnis kuliner adalah usaha roti cane. Mungkin makanan yang satu ini berasal dari negeri seberang, tepatnya Timur Tengah, namun sejak kemunculannya di Indonesia, roti cane langsung mendapatkan tempat dihati masyarakatnya.

Menurut salah saorang pemilik usaha roti cane di Jakarta, ia mampu menghasilkan omset hingga puluhan juta rupiah.

Usahanya dimulai sejak tahun 2010 lalu dan kini sudah berhasil dikembangkan hingga berhasil memiliki lebih dari 27 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

33. Kue Bingke

Kue bingke bisa menjadi pilihan bisnis makanan ringan selanjutnya. Kue ini menjadi salah satu kue khas daerah di Indonesia yang kerap kali menjadi oleh – oleh khas yang diburu para wisatawan, baik dalam hingga luar negeri.

Jika anda tertarik menjual kue bingke bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama mencari supplier untuk menyetok barang ke toko yang anda miliki atau bisa juga membuat sendiri.

Jika anda memilih cara kedua tentu saja, harus belajar cara membuatnya. Sudah banyak tutorial di youtube mengenai cara membuat kue bingke. Untuk bahan yang digunakan seperti tepung beras, telur, gula, santan, kemudian dimasak menggunakan kompor atau oven.

34. Siomay Kering

Seorang bisnis women bernama Aisha mampu menjual siomay kering dengan omset hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Hal ini membuktikan bahwa siomay kering memang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Tingginya permintaan akan makanan ringan yang satu ini membuat semakin banyak orang yang membuka usaha jualan siomay kering.

Jika anda tertarik bisa mencoba berjualan di dekat sekolah atau dekat kampus, karena memang kuliner yang satu ini sangat disukai anak – anak dan orang dewasa.

Untuk membuat jualan anda laku dan disukai banyak orang tentu saja harus membuat siomay kering dengan rasa yang enak.

35. Pisang Sale

Pisang sale merupakan makanan ringan yang cocok menjadi camilan lezat saat nonton TV. Selain itu pisang sale juga kerap dijadikan kue saat Idul Fitri. Rasanya yang sedikit gurih dan manis pisang membuatnya sangat disukai.

Hal ini tentu aja sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis pisang sale. Omset yang diperoeh bisa sangat besar, terutama pada musim perayaan hari tertentu.

Untuk mendapatkan pelanggan anda bisa mencoba membuat kemasan yang menarik serta menjaga kualitas rasa. Untuk membuat sale pisang sangat mudah, pertama siapkan pisang mentah kemudian iris tipis dan jemur dibawah sinar matahari. Terakhir goreng pisang dengan dibalur tepung.

Cek juga: Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

36. Stik Keju

Ide bisnis makanan ringan yang tidak kalah menguntungkan selanjutnya adalah bisnis Stik keju. Sesuai dengan namanya, makanan ringan yang satu ini dibuat dari keju asli.

Makanan ini cocok sekali bagi penggemar makanan berbahan keju. penjual stik keju juga terbilang masih jarang sehingga semakin membuka lebar peluang yang anda miliki.

37. Keripik Ubi Kayu

Jika kita berbicara mengenai makanan ringan atau camilan yang ada di Indonesia kurang lengkap rasanya jika memasukkan keripik ubi ke dalamnya.

Makanan khas Indonesia ini sangat digemari semua kalangan, karena rasanya yang gurih dan renyah sangat cocok dijadikan teman saat menonton Televisi.

Dengan perkembangan yang ada kini keripik ubi juga turut mengalami modifikasi rasa. Rasa yang ditawarkan mulai dari original, balado, pedas manis, keju, ekstra pedas, jagung bakar dan masih banyak varian rasa lain yang tidak kalah lezatnya.

Singkong sendiri cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, karena sangat mudah sekali membudidayakan singkong, hanya mencangkul tanah, kemudian tanam, tanpa membutuhkan pemupukan dsb.

Untuk kemasannya, sebaiknya anda membuat merek dagang singkong anda sendiri. Buatlah nama seunik mungkin, seperti telanak (ketela enak), telagi (ketela lagi) dan merek dagang lainnya yang sekira menjual.

Anda bisa menitipkan produk anda di berbagai kedai, toko, mimimarket sampai supermarket. Jangan lupa juga agar mem-packing produk dengan baik dan menarik, karena penampilan sangat menentukan kesuksesan produk anda nantinya.

38. Keripik Tempe

Siapa sih yang tidak suka tempe? Makanan yang kaya dengan protein nabati ini menjadi salah satu panganan favorit masyarakat kita. Tempe bisa diolah menjadi aneka lauk pauk yang menggugah selera.

Meskipun terbilang murah, namun kandungan nutrisi di dalam tempe terbilang tinggi.

Selain untuk lauk pauk, keripik tempe juga menjadi salah satu produk unggulan tempe. Biasanya keripik tempe yang diiris tipis-tipis agar terasa renyah dan gurih.

Keripik tempe bisa menjadi pilihan cemilan yang enak dan menyehatkan. Jadi anda tidak perlu khawatir saat menikmati cemilan yang satu ini, justru direkomendasikan karena sangat baik untuk kesehatan.

39. Kacang Atom

Kacang atom bukan hanya camilan saat lebaran saja. Kacang ini juga bisa dijadikan cemilan untuk menemani berbagai kegiatan bersama, seperti nontong bareng, cemilan saat nonton atau saat kumpul bersama anggota keluarga. Kacang atom biasanya diisi dengan kacang tanah pada bagian dalamnya.

Karena sudah ada produk kacang atom yang sangat terkenal dan sudah digemari oleh masyarakat, maka anda harus memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda, apakah dalam hal kemasan, atau dalam hal jumlah dan sebagainya.

Jangan sampai justru produk anda yang baru lebih sedikit isinya, pasti produk anda akan keok sebelum bersaing.

Sebaiknya anda bekerja dengan distributor makanan-makanan ringan. Ada banyak distributor makanan ringan yang siap diajak bekerjasama untuk pemasaran.

40. Keripik Pisang

Keripik pisang manis ataupun asin juga bisa menjadi peluang bisnis makanan ringan yang menguntungkan. Kalau pisang kita bisa menemukannya dengan mudah disetiap daerah di Indonesia.

Cara menanamnya yang mudah dan tanpa pemupukan membuat masyarakat kita senang membudidayakan keripik pisang.

Dengan diiris tipis-tipis, dan tanpa banyak bumbu, keripik pisang sudah enak dan gurih untuk dijadikan sebagai camilan. Pisang juga memiliki nutrisi yang tinggi, terutama mineral, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan.

Selama ini mungkin anda hanya mengolahnya menjadi pisang rebus atau pisang goreng. Nah, bagi anda yang sedang mencari ide bisnis makanan ringan, tidak ada salahnya untuk mencoba menggeluti usaha keripik pisang.

Anda bisa memiliki rasa asin atau manis, atau anda bisa mengkreasikan dengan berbagai rasa, silahkan berkreasi sekreatif mungkin.

41. Keripik Ubi Jalar

Tidak hanya singkong atau ubi kayu saya yang bisa diolah menjadi aneka camilan gurih, ubi jalar juga bisa. Anda bisa menggunakan ubi jalar kuning atau ubi jalar ungu. Namun sebaiknya anda menggunakan ubi jalar ungu, karena warnanya cukup menarik.

Soal rasa jangan ditanyakan lagi, ubi jalar selain manis juga sangat renyah, sangat cocok untuk dijadikan cemilan pada momen apa saja. Apalagi warna ungu ubi ini menambah kesan eksklusif, tanpa bahan pewarna sedikitipun.

Kita juga bisa menemukan ubi jalar dengan mudah di berbagai daerah kita, dengan harga yang cukup murah juga, sehingga biaya operasional bisa dibilang cukup terjangkau.

42. Keripik Daun Bayam

Kalau dalam film-film fiksi, bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung nutrisi tinggi. Sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun, anak-anak jarang yang suka makan sayur.

Nah, ini bisa menjadi salah satu trik untuk anda. Anda bisa memulai bisnis keripik daun bayam. Cara promosi anda tentu akan sangat mudah, ‘cemilan sehat untuk semua’, ‘anak tidak suka sayur? Keripik bayam solusinya’. Dsb.

Untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu sulit, anda bisa membudidayakan tanaman bayan sendiri yang memiliki daun lebar atau anda membelinya dari pembudidaya secara langsung. Kalau membeli di pasar kurang direkomendasikan karena biasanya banyak yang sudah layu dan rusak.

Buat kemasan semenarik mungkin. Kalau target anda adalah anak-anak, buat kemasan dengan gambar-gambar tokoh kartun yang sedang digemari, seperti Tayo, boboboy, Spongebob dan sebagainya.

Buat kemasan ekonomis dengan harga yang terjangkau untuk anak-anak.

43. Keripik Buah Rambutan

Rambutan dijadikan keripik? Ini tentu bisa menjadi ide bisnis makanan ringan yang unik. Mungkin anda satu-satunya di kota anda. Jadi sangat menyia-nyiakan peluang ini. Memang, buah rambutan termasuk buah musiman yang tidak selalu ada.

Namun kita bisa menyetok dan menyimpan cemilan ini hingga 6 bulan, jadi tidak perlu khawatir kehabisan, karena kita bisa produksi masal kemudian kita simpan dengan baik. Jika kita bisa menyimpannya dengan baik pastilah bisa bertahan lebih lama.

Sebagai tambahan untuk promosi, buah ini sangat menyehatkan untuk tubuh kita, kandungan nutrisi buah rambutan diantaranya zat besi, kalium, sapai vitamin C. dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah rambutan terkandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin).

Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah.

44. Keripik Apel

Anda pernah mencicipi keripik buah apel? Bagi sebagian orang mungkin tidak asing lagi dengan keripik buah apel. Karena sudah ada beberapa vendor yang mengembangkan keripik buah apel dalam bentuk kemasan.

Nah, silahkan teliti daerah anda, kira-kira sudah ada atau belum pembuat keripik buah apel. Kalau belum ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk anda.

Keripik apel bisa menjadi salah satu cemilan eksklusif, sasarananya adalah kelas menengah atas, mengingat harga bahan baku yang cukup mahal.

Mungkin sedikit lebih murah kalau kita berada di Malang dan sekitarnya, dimana kita bisa mendapatkan buah ini dengan mudah.

45. Keripik Kentang

Sudah ada banyak sekali makanan ringan atau yang snack yang terbuat dari kentang. Hal ini karena kentang sangat renyah dan gurih kalau digoreng apalagi kalau diiris tipis-tipis. Mungkin kita tidak bisa menyaingi kentang goreng yang sudah populer duluan.

Tetapi kita bisa berkreasi dengan cita rasa dan kuantitas snack yang kita buat. Kita bisa mengkreasikan kentang goreng menjadi berbagai rasa yang menggoda.

Jangan lupa juga untuk membuat packing semenarik mungkin. Apalagi kalau kita bisa membuat berbagai karakter tokoh kartun favorit anak-anak. Karena sasaran bisnis ini adalah anak-anak.

46. Aneka Rempeyek

Ide bisnis makanan ringan selanjutnya adalah membuat cemilan aneka rempeyek. Biasanya rempeyek terbuat dari tepung yang diberi ikan teri, ikan asin, kacang tanah, kedelai kacang hijau dan lain sebagainya. Rempeyek juga merupakan salah satu cemilan yang cukup digemari.

Biasanya cemilan ini dibuat dengan ukuran yang lumayan besar. Biasanya dengan patokan harga RP. 5000 perbungkusnya.

Atau anda juga bisa membuat dengan harga ekonomis untuk target pasaran anak sekolahan, dengan harga Rp. 1000 saja.

47. Keripik Nangka

Anda baru pertama mendengar nama keripik nangka? Memang, selama ini nangka dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi sup buah, bubur, atau dimasak untuk gulai. Ternyata selain itu, nangka juga bisa diolah menjadi pangan gurih yang enak.

Sebenarnya, keripik nangka sudah cukup lama dikenal, mungkin bagi beberapa daerah masih belum familiar dan belum terlalu booming. Nah ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk anda.

Bagaimana? Kira-kira anda mau memulai bisnis makanan ringan yang mana? Jangan lupa untuk mengamati ‘pasar’ terlebih dahulu, karena prilaku masyarakat dan kultur masyarakat juga menentukan cemilan apa kira-kira yang mereka sukai.

48. Kerupuk Rambak Jari

Anda baru mendengar istilah kerupuk rambak jari? Kerupuk rambak jari selain enak untuk cemilan sehari-hari. Selain itu kerupuk jari juga sering dijadikan sebagai teman makan. Kerupuk jari ini biasanya di packing kecil-kecil dibandrol dengna harga RP. 500 saja.

49. Popcorn

Popocorn mungkin selama ini populer untuk menemani kita nonton bioskop. Selain itu, popcorn atau brondong jagung ini juga bisa menjadi salah satu peluang bisnis makan yang menguntungkan.

Jagung cukup mudah kita dapatkan. Karena tidak musiman, kita bisa terus melakukan produksi.

Buatlah kemasan ekonomis dengan harga Rp. 2000, sasarannya adalah anak-anak sekolah dan masyarakat umum. Anda bisa mengkreasikan berondong jagung aneka rasa agar lebih menari lagi.

***

Demikianlah ulasan mengenai sederet bisnis makanan ringan yang cocok menjadi pilihan karena memiliki profit kedepan yang sangat baik. buat anda yang ingin memulai usaha bisa memilih salah satunya. Semoga menginspirasi. Terima kasih.                   

 

Tags: Bisnis CemilanIde Bisnis CemilanIde Bisnis Makanan RinganIde Usaha Makanan RinganPeluang Usaha Makanan RinganUsaha Makanan Ringan