Notifikasi
Baca Situs Meabisnis.com Untuk Mendapatkan Informasi Bisnis Terbaru

√ Panduan Cara Jualan di Shopee Step by Step Lengkap dengan Gambar!

Cara Jualan di Shopee

Cara Jualan di Shopee
Cara Jualan di Shopee

√ Panduan Cara Jualan di Shopee Step by Step Lengkap dengan Gambar!

Cara Jualan Di Shopee – Di era Digital dan internet yang semakin maju seperti sekarang ini membuat banyak perubahan positif dan negative di masyarakat seluruh dunia.

Buat mereka yang bisa menyikapinya secara bijak tentu saja akan mendatangkan hal positif, salah satunya bagi mereka yang pandai memanfaatkan kondisi dan membaca pasar.

Masyarakat di seluruh dunia, Indonesia menjadi salah satunya yang ikut terkena dampak paling besar yakni menjamurnya Marketplace – marketplace besar yang menjual berbagai macam kebutuhan.

Bermunculannya toko online tentu saja tidak lepas dari tingginya minat konsumen untuk berbelanja online. Menurut banyak orang belanja online jauh lebih praktis dan hemat karena tidak perlu berpindah tempat pun kita bisa memenuhi kebutuhan.

Hanya menggerakkan ponsel atau laptop kita bisa membeli banyak produk yang kita inginkan. Salah satu marketplace yang cukup besar di Indonesia adalah Shopee.

Ilustrasi: Cara Jualan di Shopee

Dengan turut membuka toko online di Shopee kita bisa memperkenalkan produk yang kita jual dengan lebih luas lagi, hal ini tentu saja memungkinkan kita bisa menjual lebih banyak produk yang kita miliki.

Pada tahun 2019 saja jumlah pengunjung Shopee mencapai 90 juta per bulan. Hal ini tentu saja semakin menguatkan bahwa Shopee mampu bersaing dengan marketplace lainnya seperti Tokopedia, Blibli.com dan lain sebagainya.

Cara jualan di Shopee juga tidak terlalu sulit, kita hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah yang sudah disusun sedemikian rupa oleh sistem. Ada banyak toko online yang bergabung di Shopee.

Hal ini tentu juga akan menimbulkan persaingan antar pedagang. Maka dalam artikel kali ini kami bukan hanya menjelaskan mengenai cara jualan di Shopee namun juga akan memberikan beberapa tips berjualan agar mampu menarik banyak konsumen untuk membeli barang atau produk yang kita jual. Berikut ulasannya:

#Langkah Pertama Untuk Memulai Jualan Si Shopee

Install Aplikasi Shopee

Cara jualan di Shopee memiliki beberapa langkah yang perlu dilakukan, pertama yang harus kita lakukan jika ingin bergabung dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yakni Shopee tentu saja kita harus menginstall aplikasi Shopee di App Store atau Play Store melalui ponsel atau laptop. Setelah itu kita bisa langsung membuat akun Shopee dengan cara seperti berikut ini:

1. Buat Akun Shopee Menggunakan no HP

Cara Membuat Akun

  • Ambil ponselmu kemudian buka aplikasi Shopee yang sudah kita Install sebelumnya
  • Kemudian loging dan klik ok
  • Maka akan muncul halaman registrasi
  • Masukkan nomor HP yang masih aktif lalu klik ok
  • Tunggu SMS verivikasi yang berjumlah 6 digit
  • Masukkan nomor verifikasi rahasia dari Shopee ke akun yang akan anda buat lalu klik lanjutkan
  • Maka anda akan dibawa menuju ke halaman selanjutnya untuk pengisian data diri, maka isilah dengan benar atau sesuai dengan KTP, kemudian isi juga username serta password kemudian klik lanjutkan
  • Misi berhasil, maka kamu sudah resmi menjadi anggota Shopee

2. Buat Akun Shopee Menggunakan Alamat Email

  • Langkah pertama buka aplikasi Shopee
  • Setelah itu klik icon keranjang di pojok atas setelah itu akan muncul opsi loging dan klik ok
  • Muncul halaman registrasi dan klik icon email di kiri bawah
  • Lalu masukkan alamat email dan tunggu kode verifikasi yang dikirim ke alamat email anda
  • Kemudian akan muncul halaman data diri dan klik register
  • Akun Shopee mu siap dibuat dan bisa langsung dioperasikan

#Memulai Langkah Membuat Toko Onlinemu Si Shopee

Cara Membuat Toko

Setelah melalui tahap pertama yakni membuat akun Shopee maka cara jualan di Shopee selanjutnya adalah dengan memulai langkah membuat toko onlinemu di Shopee. Untuk membuat toko onlinemu sendiri ada beberapa langkah khusus yang perlu dilakukan, seperti :

  • Pertama buka akun Shopee yang sudah anda buat sebelumnya
  • Kemudian perhatian pada bagian pojok kiri ada menu jual jika menggunakan laptop atau komputer, sedangkan jika menggunakan ponsel klik menu saya di kanan bawah dan temukan menu mulai jual pada sisi kiri atas
  • Selanjutnya lengkapi profil toko online melalu seller Center yang dimulai dengan memilih menu pengaturan toko, isi profil toko dengan lengkap seperti nama toko online, deskripsi, cantumkan logo toko, serta mengisi benner toko baru klik simpan

#Mulai Ke Tahap Pengunggahan Produk

Cara Menambahkan Produk Baru

Cara jualan di Shopee akan kita lanjutkan ke tahan pengunggahan produk agar para konsumen atau calon pembeli bisa memulai belanja di toko onlinemu.

Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa foto produk terbaikmu dengan pengambilan gambar serta pencahayaan yang tepat pastinya.

Tidak bisa dipungkiri jika konsumen tertarik membeli sebuah produk karena tertarik dengan gambar yang cantik, namun itu semua tentu juga harus diimbangi dengan kualitas barang yang baik. dalam tahap pengunggahan produk ada beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti berikut ini:

Menambahkan Keterangan Produk

  • Langkah pertama klik opsi saya pada pojok kanan bawah
  • Setelah itu pilih toko online yang sudah anda buat sebelumnya di pojok kanan atas
  • Selanjutnya klik tambah produk baru dengan memasukkan foto produk
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan isi rincian produk, seperti kategori, stok, harga, serta ongkos kirim
  • Aktifkan tombol Pre-Order untuk jaga – jaga jika anda membutuhkan waktu pengemasan lebih dari 7 hari dan mengisi jumlah hari yang dibutuhkan untuk Pre-Order antara 7 hingga 1 hari.
  • Beri tambahan hastag ke deskripsi produk
  • Terakhir klik tombol simpan atau tanda centang pada ponselmu

#Mengatur Jasa Pengiriman

Jika seluruh cara atau langkah tersebut sudah anda lakukan maka toko onlinemu sudah selesai di buat dan siap dioperasikan.

Namun dalam cara jualan di Shopee kali ini ada beberapa langkah lagi yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan toko online yang anda miliki yakni mengatur alamat toko serta memasukkan jasa pengiriman yang anda pilih.

Pengisian alamat toko online mungkin sudah dilakukan di tahap sebelumnya, namun jika anda memiliki alamat toko cadangan maka perlu pengisian pada tahap ini dengan klik “Tambah” di pojok kanan atas dengan pengisian alamat baru atau alamaat cadangan setelah itu klik simpan.

Langkah selanjutnya sebagai bagian dari cara jualan di Shopee adalah dengan  memilih jasa pengiriman yang tersedia di kota anda.

Untuk jasa pengiriman sebaiknya diisi sebanyak mungkin karena setiap jasa pengiriman memiliki harga bervariasi, hal ini tentu saja memudahkan konsumen dalam berbelanja. Klik untuk setiap jasa pengiriman yang ada pilih setelah itu klik simpan.

#Memasukkan Nomor Rekening Bank

Cara berjualan di Shopee tentu saja tidak hanya sampai disini saja, namun ada langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yakni dengan mengisi nomor rekening banks untuk memudahkan proses pembayaran.

Nomor rekening juga berfungsi sebagai cara pencairan dana penjualan. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan klik opsi Kartu / Rekening Bank setelah itu masukkan password Shopee dan klik opsi Tambah rekening Bank, jika dirasa nomor rekening sudah benar lalu klik lanjut.

#Strategi penjualan Di Shopee

Setlah toko online yang ada miliki bukan berarti perjuangan kita selesai sampai disini, namun justru ini adalah awal dari segalanya.

Banyakanya seller yang bergabung di Shopee dengan Toko Online yang mereka miliki tentu saja kita sebagai pemula memiliki banyak tantangan agar mampu bersaing di industry ini.

Ada banyak toko online yang macet di jalan karena tidak memiliki strategi penjualan yang baik. untuk membuat barang atau produk yang anda jual dilirik oleh calon konsumen ada beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan, seperti berikut ini:

1. Jual Produk yang Banyak dicari Masyarakat

Untuk menarik minat konsuen tentu saja kita perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kita perlu mengetahui kira – kira produk apa yang sedang marak dan banyak dicari oleh calon konsumen.

Salah satu contohnya adalah Shopee mungkin lebih banyak dikunjungi oleh konsumen wanita, maka kita perlu menjual barang yang lebih disukai wanita seperti dress, gamis, make up, dan lainnya.

Meski tidak memungkinkan jika konsumen pria juga berbelanja online di Shopee ini hanyaah contoh kecilnya saja. tentu riset pasar memang dibutuhan dalam memilih produk yang akan kita jual

2. Manfaatkan Fiture Live Chat

Menjaga hubungan baik dengan konsumen juga merupakan hal yang penting, terutama buat anda pedagang baru. Banyak pelanggan yang kabur jika penjualnya tidak ramah.

Salah satu cara menjaga hubungan baik dengan para konsumen adalah dengan memanfaatkan vitur ive chat. fiture ini akan memudahkan kita berhubungan dengan calon konsumen, seperti bertanya soal stok barang .

3. Jual Produk yang Berkualitas

Cara jualan di Shopee agar laris manis bukan hanya mempercantik tampilan foto produknya saja. jika konsumen tertarik dengan foto yang dipajang namun memiliki kualitas produk yang buruk maka mereka akan kapok untuk beli lagi.

Belum lagi jika konsumen mengeluarkan spam di kolom komentar pembeli maka hal ini tentu saja akan menghancurkan citra toko online milik anda. Maka hal yang harus selalu diperhatikan adalah menjaga kualitas barang yang kita jual.

4. Menambah variasi Produk

Untuk menarik minat banyak konsumen kita juga perlu menjual lebih banyak varian barang. Hal ini dilakukan agar setiap produk yang dicari konsumen bisa didapatkan di toko online yang anda miliki dan membuat banyak calon konsumen memilih berbelanja di Toko Online yang anda miliki.

Dengan menyediakan lebih banyak produk kita juga bisa menjangkau berbagai kalangan, bukan hanya para wanita dewasa saja, namun kalangan lain juga bisa tertarik bergabung di toko online yang anda miliki

5. Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir

Aplikasi Shopee sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia tentu saja memiliki banyak sekali fitur – fitur yang digunakan untuk menarik banyak minat konsumen dan para relasi yang bergabung salah satunya dengan menyediakan fitur gratis ongkir.

Toko online yang anda miliki juga bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menarik banyak minat konsumen untuk berbelanja di toko online yang anda miliki.

***

Itu tadi artikel mengenai cara jualan online di Shopee dengan langkah – langkah yang cukup mudah dilakukan. Karena memang tingginya minat masyarakat untuk berbelanja secara online menggunakan aplikasi terpercaya bisa kita manfaatkan untuk lading bisnis yang bisa memberikan keuntungan hingga puluhan juta rupiah perbulan. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Simak juga: Peluang Usaha Franchise Geprek Bensu

Tags: Cara Jualan di ShopeeCara Menambahkan Produk di ShopeeCara Sukses Jualan di ShopeeShopeeTips Jualan di Shopee